Jumat, 15 November 2013

problem solving




they said spread the goods then good things will come to you. dan saya bakalan nulis dalam bahasa, karna off course i'm a proud indonesian dan biar mudah dimengerti.
 
oh iya disclaimer lagi deh hehe saya bukan orang yang bijak banget atau sangat bisa mengatasi masalah uh engga banget. tapi saya suka. dan mau bisa mau jadi lebih baik.

hayo siapa yang kalo ada masalah langsung lemes ganafsu makan atau malah jadi makan mulu trus bawaan nya pengen tiduran aja dikamar dibawah selimut denger lagu melow sampe pagi lagi? saya. haha. jujur aja saya sendiri pun gitu. boleh kaya gitu. wajar. namanya juga manusia punya hati kan ya bisa sedih bisa galau. 
tapii dibatesin. kasih diri kamu sendiri ultimatum. kaya misalnya kamu boleh kaya gitu sehari doang abis itu mau gamau kamu harus mulai lagi ngerjain semua lagi. karna dunia ga berhenti ketika kamu galau. jam gak berhenti dan kewajiban kewajiban kamu tetep ada deadline nya toh? mau ga mau harus dikerjain atau yang ada masalah kamu makin besar dan kamu semakin terpuruk
liat dari luar masalah itu sendiri, liat dimana salahnya, apa yang salah sehingga bisa jadi masalah. Trus selesaikan. coba deh mikirnya positif, pikirkan masalah itu sebagai hal baik yang rasanya gak enak. obat itu sehat tapi rasanya ga enak kan? kalo kamu udah mengalami sesuatu itu artinya hal itu udah di ijinkan untuk terjadi, tuhan pasti udah punya rencana baik di balik masalah kamu. tinggal di jalanin aja. hadapi. kalau susah, bagi bagi masalah nya, tulisin satu satu trus selesaikan satu satu biar lebih mudah. Dan inget juga, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Abis ujan ada pelangi, masalah itu gak akan selamanya ada.




ada yang bilang apa gunanya bahagia kalo gak pernah sedih? Secara ga langsung sebenrnya sedih itu bikin lebih seneng kalo ada hal baik yang terjadi. Kenapa? Karna kita pernah sedih sebelumnya.
Masalah itu bikin kamu belajar, dapet kemampuan baru. Karna itu masalah itu harus di hadapi bukan di hindari, kalo dihindari kamu ga akan tau dan cenderung melakukan kesalahan yang sama dan jadi masalah yang sama lagi, sedangkan kalo dihadapi Kamu jadi tau cara menyelesaikan sesuatu, bikin kamu lebih kuat, lebih deket sama tuhan, dapet pengalaman dan jadi bisa menghindari masalah yang sama di kedepan nya karna udah tau apa penyebab masalah kamu saat ini. 
Kadang kamu dikasi masalah karna tuhan sayang sama kamu. Biar kamu tegas dan ujungnya berakibat baik. .  Karna mungkin di saat kamu ga ada maslah kamu ga akan tegas Semakin besar masalah kamu tandanya tuhan tau kamu berkapasitas besar atau mampu. Jadi bersabar aja. Setelah masalah itu selesai kamu bakalan dapet hal baik yang besar. Gak ada orang orang hebat yang masalahnya kecil. Kamu minta dijadiin orang hebat tapi gamau punya masalah? Itu ga mungkin. Positive thinking aja, masalah kamu awalnya emang bikin susah tapi bakalan bikin kamu lebih baik. Per itu sebelum ke atas dia diteken kebawah dulu kan? Begitu juga hidup. Your problem isnt that bad if you see it from the good side

sebenernya masalah itu ada bukan buat di sedih sedihin, dipikirin terus diem dikamar ga ngapa ngapain.  masalah itu ada untuk diselesaikan. masalah ada untuk membuat kamu menjadi lebih dari sebelumnya. what doesnt kill you make you stronger, right?

jadi gini, anggaplah kamu lagi ada masalah soal apapun bisa soal nilai kuliah dapet c mulu atau lagi ada masalah sama pasangan atau temen. trus kamu jadi ngasal kalo nugas, gamau beres beres diri, kamar kamu udh berubah jadi kapal pecah barang bertebaran, gamau makan gabisa tidur daan lain lain. kalo kamu terpuruk karna masalah itu kamu bakalan dapet apa ? yang ada kamu rugi. nambah2 masalah. dengan kamu makin terpuruk itu yang ada tugas kamu makin jelek nilainya. gamau makan gabisa tidur jadi berkantong mata, kamar kamu jadi ganyaman dan bikin makin sumpek. see ?.

coba deh kaya gini:
1. duduk diem, atau apaapun yang kamu mau tiduran kayang atau posisi apapun yang bikin kamu nyaman dan bisa berpikir. ambil buku atau kertas, tulis masalah kamu, kaya apa yang jadi pikiran kamu, kenapa bisa begitu, apa yang salah. nah pikirin deh tuh. trus kamu cari apa yang harus kamu lakuin untuk merubah hal hal jelek yang jadi masalah kamu tadi jadi hal baik. hal hal yang menyelesaikan masalah kamu itu. 

2. jangan mempersuram hidup kamu. idup itu udah susah.... jangan dipersulit. jangan mikirin jeleknya hidup terus. bersyukur. kalo kamu keinget masalah kamu inget aja semua masalah pasti ada jalan keluarnya. pasti bisa di atasi. kadang kalo lagi ada masalah semua jadi terlihat buruk, itu sugesti. kalo kata etta james "at last the sky above is blue" . bersyukur. kamu masih bisa hidup untuk ngerasain masalah kamu. bersyukur , banyak orang yang masalah nya lebih berat dari yang kamu alami. 


"the greater the obstacle, the more glory coming in it"


2 komentar:

  1. "Gak ada orang orang hebat yang masalahnya kecil. Kamu minta dijadiin orang hebat tapi gamau punya masalah? Itu ga mungkin. Positive thinking aja, masalah kamu awalnya emang bikin susah tapi bakalan bikin kamu lebih baik." Hmm.. This is so trueee... IMHO Setiap menyelesaikan masalah yg sulit pasti kita menjadi org yg lebih baik/dewasa :). Here's my favourite inspirational blogger http://blog.edwardsuhadi.com/blog-index/

    BalasHapus
  2. heheheeh true right ? i had read it and love it, thankyouu for your recommendation kak :D

    BalasHapus